BNI Mencakup Seluas Samudera, Mencapai Jalan Generasi Pelaut Sukses Dan Bijak Mengelola Keuangan

Kita harus mengatur keuangan kita karena keuangan kita terbatas sedangkan keinginan kita miliki tidak terbatas. Banyak orang gagal bukan karena kemampuan mereka tetapi lebih karena tidak adanya perencanaan baik. Banyak orang karena merasa pintar akhirnya mereka merasa malas untuk merancang melaksanakan sesuatu.

Saat saya mulai mendapatkan sebuah pekerjaan dan mendapatkan uang sendiri dari hasil bekerja, Orang tua selalu mengingatkan kepada diri saya untuk ingat menabung dan gunakan uang dengan bijak. Tentu itu adalah saran semua orang tua ketika saat anaknya telah mendapat pekerjaan.

Banyak rekan saya berprofesi juga sebagai Pelaut baik itu kapal kargo, kapal tanker, kapal penumpang, kapal pesiar, hingga kapal selam dan penangkap ikan. Saat saya bertemu dengan mereka selalu bercerita mengenai kehidupan di atas kapal hingga pergaulanya ketika berada di darat. Cerita yang mereka sajikan sangat menarik untuk di simak termasuk juga mengenai kebiasaan pengelolaan keuangan mereka.

Pengalaman teman-teman pelaut saya, gaji mereka terima tergolong tinggi, bisa mencapai US$2.000 setiap bulan, bahkan ada lebih untuk jabatan sebagai perwira di atas kapal. Gaji sebesar itu sangatlah cukup bagi diri saya bahkan lebih untuk biaya hidup dan keluarga. Namun beberapa diantara teman saya masih saja mengeluh karena gaji yang di terima selalu habis ketika mereka turun ke darat, dan mereka tidak memiliki apa-apa ketika kontrak kerja laut selesai. Apakah anda termasuk salah satunya?

Kita harus mulai mengelola keuangan kita ketika kita sudah masuk dalam usia produktif saat dimana kita sudah mulai bekerja atau ber-usaha sehingga kita mulai menghasilkan pendapatan.

Pelaut pada umumnya bekerja setidaknya satu minggu dalam kondisi pelayaran di atas kapal, ada pula hampir sampai 3 bulan berada di tengah lautan, mereka berada di lingkungan kondisi yang serba terbatas. Menu makanan sangat membosankan, hiburan apa adanya, hingga pekerjaan sangat membutuhkan kewaspadaan dan kerja keras tingkat tinggi. Karena itu ketika pesiar tiba tentu ingin mencurahkan keinginannya yang terpendam selama berada di tengah laut. Ketika turun dengan uang banyak di kantong pasti berbelanja sesuka hati, makan apapun mereka inginkan. Hingga tak terduga uang habis tak berbekas, tidak ada simpana, tidak ada pula kiriman untuk keluarga. Akhir perjalanan sungguh menyedihkan! Kerja berat namun tiada hasil.

Ada baiknya kalo seorang Cadet (calon perwira kapal) atau pelaut muda belajar mengenai masalah pengelolaan keuangan. Sehingga pada saatnya nanti, dia tidak akan kebingungan lagi mengenai masalah pengaturan keuanganya saat berada diatas kapal maupun di darat.

Jadi pengaturan keuangan adalah sesuatu paling penting untuk di miliki baik orang biasa maupun orang kaya. pengelolaan keuangan ini sangat sederhana namun harus disiplin dan konsisten dalam pelaksanaanya. Lalu apa saja tips perlu dilakukan agar dapat mengelola keuangan dengan bijak?

Untuk langkah praktisnya mari kita simak langkah sederhana ini :

  1. Mengatur Cash Flow kita

contoh-judul-skripsi-manajemen-keuangan-terbaru-2017-300x200

Cash flow adalah pengaturan uang masuk dan uang keluar, banyak orang mengalami masalah keuangan serius karena mereka mengeluarkan uang lebih banyak dari pemasukan mereka.

  1. Membuat Neraca kekayaan bersih

Jadi di sini kita menuliskan semua aset, hutang kita miliki dan termasuk hutang kredit card.

  1. Membuat Anggaran

Membuat anggaran ini sebenarnya susatu hal yang sederhana banyak orang yang menganggap terlalu sederhana mereka mengabaikan pentingnya dari pembuatan anggaran ini. Tapi anggaran akan menolong kita untuk memastikan bahwa setiap bulanya pemasukan yang ada itu lebih besar dari pengeluaran kita.

  1. Belajar membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Ada dua hal bisa kita lakukan disini adalah :

  • Semakin mengenal diri kita pribadi sehingga seiring berjalanya waktu jadi kita semakin mengenal apakah hal kita inginkan apakah merupakan sesuatu keinginan atau merupakan suatu kebutuhan.
  • Dengan cara menunggu, biasanya kalau kita menunggu misalnya 2×24 jam dan setelah waktu itu berlalu kita masih merasa bahwa keinginan itu tetap ada mungkin itu adalah suatu kebutuhan.
  1. Pay yourself first

Artinya ialah sebelum kita memakai uang kita untuk membeli barang-barang kita pastikan kita menabung dan ber-investasi untuk diri kita sendiri.

investment_tools

  1. Disiplin Keuangan

Apakah kita sudah mendisiplinkan diri kita dalam masalah keuangan ?

Sebagai contoh, dalam hal keuangan kita bisa mendisiplin diri dalam mengatur pengluaran, menabung, dan berinvestasi. Disiplin itu harus datang dari dalam diri kita sendiri dan bukan datang dari luar ataupun datang dari hasil keadaan diri kita. Sering kali kedisiplinan itu tidak merata di dalam seluruh aspek kehidupan kita. Jadi mungkin kita sangat disiplin dalam masalah kerja.

Misalnya kita datang uploas jaga selalu tepat waktu dan mungkin kita menaati semua peraturan perusahaan dan dikapal karena takut mendapat teguran atau takut susah dapat promosi kapten. Tapi di sisilain, kita bisa saja tidak berdisiplin dalam masalah kesehatan atau dalam mengatur keuangan kita. Itulah sebabnya saya katakan disiplin itu tidak merata dalam kehidupan kita. Kalau kita bisa disiplin di dalam kerja, kenapa kita tidak bisa disiplin dalam pengaturan keuangan ?

Thomas Edison memberikan bukti dari hasil sebuah kedisiplinan. Dia mendisiplin dirinya untuk selalu terus berusaha sekalipun dia mengalami kegagalan.

Dia berkata ;

“I HAVE NOT FAILED. I’VE JUST FOUND 10.000 WAYS THAT WONT WORK”

-Thomas Edison-

Disiplin keuangan tidak sesulit kita bayangkan. Kata Disiplin berasal dari bahasa latin artinya Belajar dan itulah harus kita lakukan. Dengan terus menerus belajar tanpa henti kita sudah membangun disiplin kita termasuk dalam masalah keuangan.

DISIPLIN KEUANGAN BISA DIPELAJARI DENGAN DIMULAI HARI INI JUGA!

Cukup praktis Bukan ? Berawal dari tips – tips di atas sayapun mencoba memberlakukan pola sama untuk setiap apa saya rencanakan. Untuk itu, buat kamu selalu punya masalah keuangan saat harus membayar pajak rumah tahunan, atau uang sekolah anak atau malah punya rencana melanjutkan pendidikan tapi belum kesampaian saya sarankan pakailah tips – tips saya di atas. Menabung di awal dan tetap dengan dua kata. Sabar dan Disiplin!

Tetapi bagi rekan – rekan bagi belum pernah sama sekali membuat rencana keuangan, jangan bingung karena di zaman Teknologi maju sekarang ini banyak aplikasi Smartphone dapat membantu kita untuk menyusun rencana keuangan dengan  mudah. Adanya fasilitas Internet Banking sangat membantu saya dalam mengatur pengelolaan dana serta melakukan pengecekan ulang terhadap aktivitas keuangan dilakukan dalam periode tertentu. Bagi rekan – rekan para nasabah BNI, anda patut berbahagia karena Bank BNI menyediakan fasilitas perencanaan pengelolaan keuangan dapat dengan mudah digunakan. Menu perencanaan keuangan ini terdapat pada layanan Internet Banking BNI. Jadi untuk nasabah yang ingin menggunakan menu perencanaan keuangan tersebut harus mengaktifkan fitur Internet Banking terlebih dahulu.

IMG_8200

Sejak mengenal Internet Banking Bank Negara Indonesia (BNI), saya mencoba memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan seperti melakukan transaksi transfer, pembayaran, pembukaan rekening Tapenas atau deposito, serta pengecekan mutasi rekening. Saya memahami bahwa dana Investasi dan Tabungan harus dipecah lagi menjadi beberapa pos. Beruntunglah, BNI memahami kebutuhan itu dengan memberikan bantuan berupa tambahan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di layanan Internet Banking BNI. Lalu bagaimana caranya menggunakan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi ini mari pelan-pelan kita simak fitur ini :

  1. Pastikan anda adalah salah satu nasabah dari Bank BNI Bro, dan Internet Banking anda bestatus sudah aktiv. Bila belum mengaktivkan layanan Internet Banking, anda bisa berkunjung dan berkonsultasi ke cabang Kantor Bank BNI terdekat di sekitar wilayah anda Bro untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi.BUSTpBqCYAMzys7
  2. Masuk ke situs BNI Internet Banking : Login Ke Internet Banking lalu lakukan login ke akun anda dengan memasukan User ID dan password. My Snapshot_4 (2)
  3. Pilih fitur Pengelolaan Finansial Pribadi. Bro ..

My Snapshot_5

Pada  halaman fitur Pengelolaan Finansial Pribadi ini kita memperhatikan ada beberapa fitur ya Bro.. Bila kita bisa memanfaatkanya tentu sangat mudah mengelola keuangan dengan bijak Bro.. Lanjut kita simak satu-persatu.

  1. Pilih menu Atur Kategori. Bro.

My Snapshot_6

Fitur ini memudahkan semua nasabah untuk Mengatur Anggaran pendapatan dan pengluaran, Bro..

Kita dapat juga mengatur anggaran kita sesuai dengan kebutuhan kita Bro..

  • Untuk memulai merencanakan anggaran. Kita isi pos-pos dengan kategori baik berupa pengeluaran ataupun pendapatan.

My Snapshot_1

Untuk mengisi fitur pendapatan yaitu pilih fitur pendapatan. Kemudian beri nama kategori pendapatan itu, contohnya : “Gaji Bulanan”. Kalau Broo Punya usaha sampingan, Broo dapat juga menambahkan kategori berbeda dengan kategoti “Gaji Tambahan”. Berikutnya Broo, kita mengatur prioritas dari kategori telah kita buat. Pemberian prioritas ini berfungsi untuk mengatur kategori mana akan digunakan terlebih dahulu.

My Snapshot_1

Untuk menyusun anggaran pengeluaran Broo, langkahnya sama seperti penyusunan pendapatan. Yang berbeda ialah kita memilih opsi atau pilihan di “Pengeluaran” saat mengisi kategori di awal. Setelah selesai membuat kategori anggaran, langkah berikutnya Broo adalah mengatur nominal tiap kategori anggaran telah kita buat tadi. Contohnya, kita Broo memiliki pendapatan gaji per bulanya sebesar Rp. 7.000.000, maka kita mengatur jumlah nominal pada kategori “Gaji Bulanan” sejumlah Rp.7.000.000. Cara sama juga mengatur setiap kategori di pengeluaran Broo. Oke.. Lanjut fitur berikutnya Broo.

  1. Pilih fitur Pengaturan Tujuan Broo.

My Snapshot_2

Pada fitur ini Broo, kita dapat  mengalokasi uang akan kita gunakan untuk rencana masa depan kita Broo. Ada dua kelebihan dari fitur Perencanaan Tujuan Keuangan BNI ini dibandingkan dengan fitur/aplikasi perencanaan keuangan yang lain. Pertama, pembuatan rekening afiliasi khusus. Saat kita membuat rencana tujuan keuangan Broo, kita akan mempunyai rekening afiliasi khusus akan menampung cadangan uang kita. Hal ini sangat membantu kita untuk memisahkan uang akan kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari nantinya dan uang untuk rencana masa depan kita Broo. Seringkali kan Broo tanpa disadari kita menggunakan uang simpanan kita untuk membeli sesuatu tidak sesuai dengan rencana kita. Dengan adanya rekening afiliasi ini Broo, kita dapat memastikan bahwa uang telah kita sisihkan dapat digunakan sesuai rencana. Kelebihan kedua, dengan fitur ini kita dapat menyisihkan uang telah dianggarkan secara otomatis tiap bulannya Broo. Kita bisa menggunakan dua opsi rekening afiliasi, yaitu Taplus dan Tapenas.

Untuk rekening afiliasi BNI Taplus, kita perlu melakukan pengaturan transfer berulang saat pertama kali menggunakan sedangkan untuk Tapenas penyisihan dana sudah dilakukan secara otomatis setiap bulannya setiap tanggal 5.

Untuk memulai mengelola Pengaturan Tujuan tersebut. Mulai fitur Pengaturan Tujuan kemudian pilih Tambah Tujuan Keuangan. Tetapkan tujuan keuangan sesuai rancana keuangan anda Broo. Kalau saya memilih “Tetapkan Tujuan Anda” lalu klik “Proses” permintaan anda Broo.

My Snapshot_3

  • Kemudian Broo, isi target yang telah anda rencanakan Broo, mulai dari Deskripsi Tujuan Keuangan, Nominal Tujuan Keuangan, Tanggal Awal Tujuan Target, Akhir Tujuan Target, Dan Saldo Rekening Tujuan Keuangan Saat Ini.

My Snapshot_4

  • Setelah itu Broo, BNI akan menghitung Total Sisa Nominal untuk disimpan dan Nominal untuk disimpan setiap per bulan nya.
  • Setelah kita proses target anda Broo, anda dapat menghubungkan dengan rekening afiliasi. Terdapat 2 pilihan yang diberikan oleh BNI, yaitu Membuka Rekening Tabungan & Giro (Taplus) atau Membuka Rekening Deposito & Tapenas (Tapenas)

My Snapshot_5

Kalau Saya sendiri lebih memilih untuk membuka rekening Tapenas Bro dengan pertimbangan Tapenas tidak memberikan kartu debit, secara otomatis memotong saldo pada tanggal telah ditetapkan, dan saya berkomitmen untuk tidak mencairkan dana telah saya setor di Tapenas. Jadi ini juga salah satu cara Disiplin diri untuk mengatur keuangan kita Bro.

Sebelum mengaitkan rekening inget ya Broo.. dibutuhkan otorisasi dengan BNI m-secure. sebelumnya harus sudah mengaktifkan m-secure terlebih dahulu Broo.

My Snapshot_7

  • Setelah pembukaan rekening afiliasi berhasilBro, kita dapat mengatur bahwa rekening afiliasi terkait dengan target yang telah kita tetapkan sebelumnya melalui Pengaturan Tujuan Broo. Pada tabel kita dapat melihat apa langkah yang belum kita lakukan.

My Snapshot_2

Untuk dapat mengaitkan rekening afiliasi dengan mengklik tujuan keuangan yang dipilih untuk dikaitkan Broo. Jika sudah, kita juga dapat menyetorkan tambahan dana di luar jadwal auto-debit dilakukan Broo.

  • Setelah melakukan perencanaan Broo, pelaksanaan pengelolaan finansial dimudahkan oleh adanya sistem auto-debit dari rekening Taplus yang kita miliki ke rekening Tapenas yang telah kita buat Broo. Selanjutnya, yang perlu kita lakukan adalah mengecek transaksi yang telah dilakukan serta saldo dana pada rekening yang kita miliki Broo.

Kalau ingin mengecek transaksi tanggal tertentu Bro, pilih fitur “Pengelola Finansial Pribadi” kemudian Pilih “Kalender Transaksi“.

My Snapshot_2

Isi tanggal periode awal transaksi yang ingin kita lihat Broo, setelah itu akan di tampilkan seluruh rincian transaksi yang sesuai periode telah anda cantumkan Broo.

  1. Kemudian Broo,untuk melihat rincian saldo rekening yang kita miliki di Bank BNI, kita dapat melihat dengan pilih di fitur “Ringkasan Multi Rekening” terdapat di Fitur “Pengelolaan Financial Pribadi”.

My Snapshot_6

Data laporan saldo terdapat di Ringkasan Multi Rekening tersebut bisa juga kita simpan atau unduh dalam bentuk format PDF maupun HTML.

  1. Menu dari fitur terakhir ini Broo, ialah fitur “Lihat Laporan”. Karena untuk pengelolaan Finansial dapat berhasil ialah melakukan sebuah Evaluasi Finansial.

My Snapshot_9

Fitur Pengelolaan Finansial Pribadi” memberikan kemudahan laporan dalam bentuk Diagram Analisa Anggaran, Diagram Analisa Pengeluaran dan Pemasukan dalam bentuk diagram Broo.

My Snapshot_10

Kategori telah kita buat tadi Broo, langsung seketika bisa juga kita melihat Laporan dengan Diagram Analisa Pengeluaran dan Pemasukan dalam periode kita inginkan Broo.

My Snapshot_11

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=GkPv11RjFo8&w=560&h=315]

Itulah bisa saya bagi dengan anda khususnya untuk kadet (calon perwira), saudara-saudara saya sebangsa dan Pelaut Muda nantinya akan mempunyai pendapatan sendiri tentu saja tidak akan sulit Mengelola Finansialmu bersama Bank BNI. Untuk Mencapai Generasi Pelaut Sukses dan Bijak mengelola keuangan.

Benjamain Franklin Pernah berkata :

“ IF YOU FAIL TO PLAN

  YOU PLAN TO FAIL”  -Benjamin Franklin-

Masih ingin informasi lebih jelas? Rekan – rekan dapat membuka web-site http://www.bni.co.id atau Datang ke Kantor Cabang BNI terdekat untuk bertanya langsung mengenai detail layanan yang ditawarkan, atau dapat juga menghubungi BNI Call 1500046.

@ahmadalif31 Written by:

2 Comments

  1. Rafi Sinatrya
    Agustus 26, 2017
    Reply

    Sangat membantu gan cara pengelolaan keuangannya 😊

  2. Agustus 28, 2017
    Reply

    Mantap Lif, sangat bermanfaat, mixin ama cerita real lifenya jadi ga bosen bacanya hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *